Aneka Literature

Laman

Wednesday, July 20, 2022

1.g. Refleksi Pembelajaran - Identifikasi Masalah

Refleksi Pembelajaran - Identifikasi Masalah

Pada tahapan pembelajaran ini tentu saja ada beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Disamping itu, ada saja kegiatan yang belum dilaksanakan, atau mungkin saja kurang maksimal dalam pelaksanaannya. Baik sudah atau belum, akan lebih baik jika desertai langkah-langkah untuk mengatasi atau menindaklanjuti hal-hal tersebut.

Untuk  mempermudah kegiatan refleksi pembelajaran ini, saya menuliskan hasil refleksi dalam dua tabel berikut.

NO

Kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini

Upanya yang dilakukan untuk mengatasi kegiatan yang belum dilaksanakan dalam pembelajaran ini

1

Saya sebagai peserta PPG belum maksimal dalam mengidentifikasi dan mengeksplorasi problematika di di lingkungan sekolah.

Secara mandiri, saya terus belajar dan menggali apa saja masalah yang mungkin saja penting untuk di angkat dan dipecahkan.

 

NO

Kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini

Upanya yang dilakukan untuk keberlanjutan kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam pembelajaran ini

1

Berpatisipasi dalam ruang-ruang kolaborasi yang telah disediakan pada LMS.

Dalam ruang kolaborasi, saya memperoleh informasi atau bahkan ilmu baru dari setiap sharing yang dilakulan peserta lainnya. Hal tersebut bisa saja saya jadikan acuan atau model di tempat kerja saya kelak. Saya juga akan tetap berusaha berperan aktif pada ruang-roang kolaborasi berikutnya.

2

Oleh bantuan dosen, saya mengidentifikasi, Menyusun, dan menuangkan beberapa butir permasalahan dalam LK 1.1 berdasarkan 6 aspek, meliputi:

1.     Pedagogik, literasi, dan numerasi.

2.     kesulitan belajar siswa termasuk siswa berkebutuhan khusus dan masalah pembelajaran (berdiferensiasi) di kelas.

3.     membangun relasi/hubungan dengan siswa dan orang tua siswa.

4.     pemanfaatan model-model pembelajaran inovatif berdasarkan karakteristik materi dan siswa.

5.     Materi terkait Literasi numerasi, Advanced material, miskonsepsi, HOTS.

6.     pemanfaatan teknologi/inovasi dalam pembelajaran.

Berusaha menemukan inti atau dasar penyebab dari setiap butir permasalahan guna mencarikan solusi-solusi yang tepat dan efisien.

 Demikianlah kegiatan refleksi yang penulis lakukan pada hari ke 3 PPG Daljab tahun 2022

Jika pengunjung blog ini ingin menjadikannya bahan pembanding, berikut penulis sertakan link download.

download versi Docx

Download versi Pdf

LK 1.1 Identifikasi Masalah

 Tahun 2022 PPG Daljab kembali digelar. Tanggal 18, sekitar 40.000 guru telah dan sementara mengikuti program ini. Guru-guru tersebut masuk dalam kategori 1 angkatan I. Bagi guru-guru yang belum terpanggil dalam angkatan I dimohon untuk bersabar karna pelaksanaan PPG akan terus berlanjut ke angkata-angkatan berikutnya. Pada angkatan I ini, di bedakan lagi menjadi 2 yaitu mahasiswa reguler dan mahasiswa RPL/Recognisi Pembelajaran Lampau (Guru penggerak yang mengikuti program PPG). Mahasiswa reguler masih akan menempuh 12 SKS untuk menyelesaikan studi. Sementara  Mahasiswa RPL  dianggap 0 SKS. dengan kata lain mahasiswa RPL menyelesaikan studi hanya dengan mengikuti UKIN dan UMKM saja selama studi.

Berbicara mengenanai 12 SKS yang akan di tempuh mahasiswa reguler program PPG ini maka tentu akan banyak tugas-tugas yang akan dilalui peserta PPG Daljab tahun ini. Tugas tugas tersebut dituangkan dalam lembar kerja yang di tandai denga penamaan LK.

Berikut ini penuliss ingi membagikan LK 1.1 Identifikasi masalah. Penulis mempunyai harapan agar L.K ini bisa menjadi pembanding atau bahkan referensi bagi yang membutuhkan.

Link downlod LK

Download LK 1.1 Identifikasi Masalah

Monday, November 22, 2021

SOAL PAS Bahasa Inggris Kelas IX Semester Ganjil

Membuat soal PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah hal yang terkadang membuat sebagian guru termasuk saya seakan dibawah keadaan yang memaksa mereka untuk bekerja (Malas)😁😁😁😁😁😁😁. Padahal dalam dunia pendidikan, penilaian adalah hal yang mutlak. Penilaian memegang peranan penting dalam mengukur tingkat penyerapan materi yang telah diberikan kepada peserta didik. Berikut blogger ingin membagikan penilaian akhir semester, dalam hal ini Mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX semester gasal. Penulis juga menyertakan kisi-kisi dan kunci jawaban.


DOWNLOAD Saja BroSist!


SOAL PAS PPKN Kelas VII Semester Ganjil

 Membuat soal PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah hal yang terkadang membuat sebagian guru termasuk saya seakan dibawah keadaan yang memaksa mereka untuk bekerja (Malas)😁😁😁😁😁😁😁. Padahal dalam dunia pendidikan, penilaian adalah hal yang mutlak. Penilaian memegang peranan penting dalam mengukur tingkat penyerapan materi yang telah diberikan kepada peserta didik. Berikut blogger ingin membagikan penilaian akhir semester, dalam hal ini Mata pelajaran PPKN Kelas VII semester gasal. Penulis juga menyertakan kisi-kisi dan kunci jawaban.




DOWNLOAD SAJA!

Friday, February 26, 2021

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

 Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan 

untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya 

proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Strategi 

pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang 

digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang 

memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi 

yang ditentukan. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dan 

operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh 

pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara 

lain ceramah, tanya-jawab, diskusi. 

Materi lengkap di link berikut:

Download










Sunday, February 14, 2021

REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PTK

 Menurut Reid “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in order to 

describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Pendapat 

tersebut dapat diartikan bahwa konsep refleksi berkaitan dengan suatu proses 

mereviuw pengalaman pembelajaran oleh pendidik. Cara pelaksanaannya 

antara lain dengan mendeskripsikan, menganalisis, serta mengevaluasi 

pelaksanaan pembembelajaran yang telah dilakukan oleh seorang pendidik.

Menurut Osterman & Kottkamp (2000) dipandang kegiatan reflektif sebagai dasar 

untuk pengembangan kompetensi professional yang tertinggi dalam praktik 

pengajaran yang kompleks. Pemikiran refleksi tersebut sangat penting bagi guru 

dalam mengontrol pengajaran mereka dan menjadi pengambil keputusan yang 

memiliki kekuatan. 

Pengertian atau konsep refleksi yang sangat singkat dan agak berbeda 

dikemukakan oleh Chruickshank (1987). Menurut Chruickshark refleksi tidak 

lain sebagai metode pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan 

sebelumnya.

Berdasarkan pengertian tersebut di muka, dapat disimpulkan bahwa refleksi 

merupakan suatu proses reviuw terhadap pelaksanaan pembelajaran yang 

dilaksanakan pendidik. Dilaksanakan secara kritis dan terus-menerus untuk 

mendapatkan deskripsi, hasil analisis, dan evaluasi suatu pembelajaran yang 

dilaksanakan oleh pendidik. Pelaksanaan reviuw tidak terlepas dari tujuan 

pencapaian hasil pembelajaran.

Silakan ambil uraian lengkap berikut

Unduh

Lihat juga

Teori Belajar Konstuktif


Friday, February 12, 2021

TEORI BELAJAR : TEORI HUMANISTIK

 Selain teori belajar behavioristik dan teori kognitif, teori belajar humanistik 

juga penting untuk dipahami. Menurut teori humanistik, proses belajar harus 

dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Oleh 

sebab itu, teori belajar humanistik sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang 

kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi, dari pada bidang kajian psikologi 

belajar. Teori humanistik sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses 

belajar itu sendiri. Teori belajar ini lebih banyak berbicara tentang konsep-konsep 

pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan, serta tentang proses 

belajar dalam bentuknya yang paling ideal. Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik 

pada pengertian belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman 

tentang proses belajar sebagaimana apa adanya, seperti yang selama ini dikaji oleh 

teori-teori belajar lainnya. 

Untuk pejabaran yang lebih lengkap, silakan ambil ringkasan lengkap berikut


Unduh

Baca Juga:

Teori belajar konstruktivisme

Teori Belajar Kognitif

Teori Belajar Behaviorisme