Menurut Reid “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in order to
describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Pendapat
tersebut dapat diartikan bahwa konsep refleksi berkaitan dengan suatu proses
mereviuw pengalaman pembelajaran oleh pendidik. Cara pelaksanaannya
antara lain dengan mendeskripsikan, menganalisis, serta mengevaluasi
pelaksanaan pembembelajaran yang telah dilakukan oleh seorang pendidik.
Menurut Osterman & Kottkamp (2000) dipandang kegiatan reflektif sebagai dasar
untuk pengembangan kompetensi professional yang tertinggi dalam praktik
pengajaran yang kompleks. Pemikiran refleksi tersebut sangat penting bagi guru
dalam mengontrol pengajaran mereka dan menjadi pengambil keputusan yang
memiliki kekuatan.
Pengertian atau konsep refleksi yang sangat singkat dan agak berbeda
dikemukakan oleh Chruickshank (1987). Menurut Chruickshark refleksi tidak
lain sebagai metode pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
sebelumnya.
Berdasarkan pengertian tersebut di muka, dapat disimpulkan bahwa refleksi
merupakan suatu proses reviuw terhadap pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan pendidik. Dilaksanakan secara kritis dan terus-menerus untuk
mendapatkan deskripsi, hasil analisis, dan evaluasi suatu pembelajaran yang
dilaksanakan oleh pendidik. Pelaksanaan reviuw tidak terlepas dari tujuan
pencapaian hasil pembelajaran.
Silakan ambil uraian lengkap berikut
Lihat juga
No comments:
Post a Comment