Aneka Literature

Laman

Sunday, February 14, 2021

REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PTK

 Menurut Reid “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in order to 

describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Pendapat 

tersebut dapat diartikan bahwa konsep refleksi berkaitan dengan suatu proses 

mereviuw pengalaman pembelajaran oleh pendidik. Cara pelaksanaannya 

antara lain dengan mendeskripsikan, menganalisis, serta mengevaluasi 

pelaksanaan pembembelajaran yang telah dilakukan oleh seorang pendidik.

Menurut Osterman & Kottkamp (2000) dipandang kegiatan reflektif sebagai dasar 

untuk pengembangan kompetensi professional yang tertinggi dalam praktik 

pengajaran yang kompleks. Pemikiran refleksi tersebut sangat penting bagi guru 

dalam mengontrol pengajaran mereka dan menjadi pengambil keputusan yang 

memiliki kekuatan. 

Pengertian atau konsep refleksi yang sangat singkat dan agak berbeda 

dikemukakan oleh Chruickshank (1987). Menurut Chruickshark refleksi tidak 

lain sebagai metode pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan 

sebelumnya.

Berdasarkan pengertian tersebut di muka, dapat disimpulkan bahwa refleksi 

merupakan suatu proses reviuw terhadap pelaksanaan pembelajaran yang 

dilaksanakan pendidik. Dilaksanakan secara kritis dan terus-menerus untuk 

mendapatkan deskripsi, hasil analisis, dan evaluasi suatu pembelajaran yang 

dilaksanakan oleh pendidik. Pelaksanaan reviuw tidak terlepas dari tujuan 

pencapaian hasil pembelajaran.

Silakan ambil uraian lengkap berikut

Unduh

Lihat juga

Teori Belajar Konstuktif


No comments:

Post a Comment