Membuat soal PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah hal yang terkadang membuat sebagian guru termasuk saya seakan dibawah keadaan yang memaksa mereka untuk bekerja (Malas)😁😁😁😁😁😁😁. Padahal dalam dunia pendidikan, penilaian adalah hal yang mutlak. Penilaian memegang peranan penting dalam mengukur tingkat penyerapan materi yang telah diberikan kepada peserta didik. Berikut blogger ingin membagikan penilaian akhir semester, dalam hal ini Mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas IX semester gasal. Penulis juga menyertakan kisi-kisi dan kunci jawaban.
Monday, November 22, 2021
SOAL PAS Bahasa Inggris Kelas IX Semester Ganjil
SOAL PAS PPKN Kelas VII Semester Ganjil
Membuat soal PAS (Penilaian Akhir Semester) adalah hal yang terkadang membuat sebagian guru termasuk saya seakan dibawah keadaan yang memaksa mereka untuk bekerja (Malas)😁😁😁😁😁😁😁. Padahal dalam dunia pendidikan, penilaian adalah hal yang mutlak. Penilaian memegang peranan penting dalam mengukur tingkat penyerapan materi yang telah diberikan kepada peserta didik. Berikut blogger ingin membagikan penilaian akhir semester, dalam hal ini Mata pelajaran PPKN Kelas VII semester gasal. Penulis juga menyertakan kisi-kisi dan kunci jawaban.
Friday, February 26, 2021
PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan
untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya
proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Strategi
pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang
digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang
memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi
yang ditentukan. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dan
operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh
pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara
lain ceramah, tanya-jawab, diskusi.
Materi lengkap di link berikut:
Sunday, February 14, 2021
REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PTK
Menurut Reid “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in order to
describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Pendapat
tersebut dapat diartikan bahwa konsep refleksi berkaitan dengan suatu proses
mereviuw pengalaman pembelajaran oleh pendidik. Cara pelaksanaannya
antara lain dengan mendeskripsikan, menganalisis, serta mengevaluasi
pelaksanaan pembembelajaran yang telah dilakukan oleh seorang pendidik.
Menurut Osterman & Kottkamp (2000) dipandang kegiatan reflektif sebagai dasar
untuk pengembangan kompetensi professional yang tertinggi dalam praktik
pengajaran yang kompleks. Pemikiran refleksi tersebut sangat penting bagi guru
dalam mengontrol pengajaran mereka dan menjadi pengambil keputusan yang
memiliki kekuatan.
Pengertian atau konsep refleksi yang sangat singkat dan agak berbeda
dikemukakan oleh Chruickshank (1987). Menurut Chruickshark refleksi tidak
lain sebagai metode pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan
sebelumnya.
Berdasarkan pengertian tersebut di muka, dapat disimpulkan bahwa refleksi
merupakan suatu proses reviuw terhadap pelaksanaan pembelajaran yang
dilaksanakan pendidik. Dilaksanakan secara kritis dan terus-menerus untuk
mendapatkan deskripsi, hasil analisis, dan evaluasi suatu pembelajaran yang
dilaksanakan oleh pendidik. Pelaksanaan reviuw tidak terlepas dari tujuan
pencapaian hasil pembelajaran.
Silakan ambil uraian lengkap berikut
Lihat juga
Friday, February 12, 2021
TEORI BELAJAR : TEORI HUMANISTIK
Selain teori belajar behavioristik dan teori kognitif, teori belajar humanistik
juga penting untuk dipahami. Menurut teori humanistik, proses belajar harus
dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Oleh
sebab itu, teori belajar humanistik sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang
kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi, dari pada bidang kajian psikologi
belajar. Teori humanistik sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses
belajar itu sendiri. Teori belajar ini lebih banyak berbicara tentang konsep-konsep
pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan, serta tentang proses
belajar dalam bentuknya yang paling ideal. Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik
pada pengertian belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman
tentang proses belajar sebagaimana apa adanya, seperti yang selama ini dikaji oleh
teori-teori belajar lainnya.
Untuk pejabaran yang lebih lengkap, silakan ambil ringkasan lengkap berikut
Baca Juga:
TEORI BELAJAR : TEORI KONSTUKTIVISTIK
Teori belajar kokonstruktivistik merupakan teori belajar yang di pelopori oleh
Lev Vygotsky. Teori belajar ko-kontruktinvistik atau yang sering disebut sebagai
teori belajar sosiokultur merupakan teori belajar yang titik tekan utamanya adalah
pada bagaimana seseorang belajar dengan bantuan orang lain dalam suatu zona
keterbatasan dirinya yaitu Zona Proksimal Developmen (ZPD) atau Zona
Perkembangan Proksimal dan mediasi. Di mana anak dalam perkembangannya
membutuhkan orang lain untuk memahami sesuatu dan memecahkan masalah yang
dihadapinya
Teori yang juga disebut sebagai teori konstruksi sosial ini menekankan bahwa
intelegensi manusia berasal dari masyarakat, lingkungan dan budayanya. Teori ini
juga menegaskan bahwa perolehan kognitif individu terjadi pertama kali melalui
interpersonal (interaksi dengan lingkungan sosial) intrapersonal (internalisasi yang
terjadi dalam diri sendiri).
Full materi di link berikut
Baca Juga:
Thursday, February 11, 2021
Teori Belajar : Teori Kognitif
Teori kognitif juga menekankan bahwa bagian-bagian dari suatu situasi saling
berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut. Memisah-misahkan atau
membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi komponen-komponen yang kecilkecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah, akan kehilangan makna. Teori ini
berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup
ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya.
Belajar merupakan aktifitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.
Proses belajar terjadi antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima dan
menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di
dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman-pengalaman
sebelumnya. Dalam praktek pembelajaran, teori kognitif antara lain tampak dalam
rumusan-rumusan seperti: “Tahap-tahap perkembangan” yang dikemukakan oleh
J. Piaget, Advance organizer oleh Ausubel, Pemahaman konsep oleh Bruner,
Hirarkhi belajar oleh Gagne, Webteaching oleh Norman, dan sebagainya. Berikut
akan diuraikan lebih rinci beberapa pandangan mereka
Berikut rangkuman lengkap
Baca Juga: