Aneka Literature

Laman

Friday, February 26, 2021

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN

 Pendekatan pembelajaran merupakan cara pandang pendidik yang digunakan 

untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang memungkinkan terjadinya 

proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi yang ditentukan. Strategi 

pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematik dan sistemik yang 

digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang 

memungkinkan terjadinya proses pembelajaran dan tercapainya kompetensi 

yang ditentukan. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual dan 

operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, urutan logis, pengaturan, dan budaya. Metode pembelajaran merupakan cara atau teknik yang digunakan oleh 

pendidik untuk menangani suatu kegiatan pembelajaran yang mencakup antara 

lain ceramah, tanya-jawab, diskusi. 

Materi lengkap di link berikut:

Download










Sunday, February 14, 2021

REFLEKSI PEMBELAJARAN DAN PTK

 Menurut Reid “Reflection is a process of reviewing an experience of practice in order to 

describe, analyse, evaluate and so inform learning about practice”. Pendapat 

tersebut dapat diartikan bahwa konsep refleksi berkaitan dengan suatu proses 

mereviuw pengalaman pembelajaran oleh pendidik. Cara pelaksanaannya 

antara lain dengan mendeskripsikan, menganalisis, serta mengevaluasi 

pelaksanaan pembembelajaran yang telah dilakukan oleh seorang pendidik.

Menurut Osterman & Kottkamp (2000) dipandang kegiatan reflektif sebagai dasar 

untuk pengembangan kompetensi professional yang tertinggi dalam praktik 

pengajaran yang kompleks. Pemikiran refleksi tersebut sangat penting bagi guru 

dalam mengontrol pengajaran mereka dan menjadi pengambil keputusan yang 

memiliki kekuatan. 

Pengertian atau konsep refleksi yang sangat singkat dan agak berbeda 

dikemukakan oleh Chruickshank (1987). Menurut Chruickshark refleksi tidak 

lain sebagai metode pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan 

sebelumnya.

Berdasarkan pengertian tersebut di muka, dapat disimpulkan bahwa refleksi 

merupakan suatu proses reviuw terhadap pelaksanaan pembelajaran yang 

dilaksanakan pendidik. Dilaksanakan secara kritis dan terus-menerus untuk 

mendapatkan deskripsi, hasil analisis, dan evaluasi suatu pembelajaran yang 

dilaksanakan oleh pendidik. Pelaksanaan reviuw tidak terlepas dari tujuan 

pencapaian hasil pembelajaran.

Silakan ambil uraian lengkap berikut

Unduh

Lihat juga

Teori Belajar Konstuktif


Friday, February 12, 2021

TEORI BELAJAR : TEORI HUMANISTIK

 Selain teori belajar behavioristik dan teori kognitif, teori belajar humanistik 

juga penting untuk dipahami. Menurut teori humanistik, proses belajar harus 

dimulai dan ditujukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Oleh 

sebab itu, teori belajar humanistik sifatnya lebih abstrak dan lebih mendekati bidang 

kajian filsafat, teori kepribadian, dan psikoterapi, dari pada bidang kajian psikologi 

belajar. Teori humanistik sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses 

belajar itu sendiri. Teori belajar ini lebih banyak berbicara tentang konsep-konsep 

pendidikan untuk membentuk manusia yang dicita-citakan, serta tentang proses 

belajar dalam bentuknya yang paling ideal. Dengan kata lain, teori ini lebih tertarik 

pada pengertian belajar dalam bentuknya yang paling ideal dari pada pemahaman 

tentang proses belajar sebagaimana apa adanya, seperti yang selama ini dikaji oleh 

teori-teori belajar lainnya. 

Untuk pejabaran yang lebih lengkap, silakan ambil ringkasan lengkap berikut


Unduh

Baca Juga:

Teori belajar konstruktivisme

Teori Belajar Kognitif

Teori Belajar Behaviorisme

TEORI BELAJAR : TEORI KONSTUKTIVISTIK

 Teori belajar kokonstruktivistik merupakan teori belajar yang di pelopori oleh 

Lev Vygotsky. Teori belajar ko-kontruktinvistik atau yang sering disebut sebagai 

teori belajar sosiokultur merupakan teori belajar yang titik tekan utamanya adalah 

pada bagaimana seseorang belajar dengan bantuan orang lain dalam suatu zona 

keterbatasan dirinya yaitu Zona Proksimal Developmen (ZPD) atau Zona 

Perkembangan Proksimal dan mediasi. Di mana anak dalam perkembangannya 

membutuhkan orang lain untuk memahami sesuatu dan memecahkan masalah yang 

dihadapinya

Teori yang juga disebut sebagai teori konstruksi sosial ini menekankan bahwa 

intelegensi manusia berasal dari masyarakat, lingkungan dan budayanya. Teori ini 

juga menegaskan bahwa perolehan kognitif individu terjadi pertama kali melalui 

interpersonal (interaksi dengan lingkungan sosial) intrapersonal (internalisasi yang 

terjadi dalam diri sendiri). 

Full materi di link berikut

Unduh

Baca Juga:

Teori belajar Humanistik

Teori Belajar Kognitif

Teori Belajar Behaviorisme

Thursday, February 11, 2021

Teori Belajar : Teori Kognitif

 Teori kognitif juga menekankan bahwa bagian-bagian dari suatu situasi saling 

berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut. Memisah-misahkan atau 

membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi komponen-komponen yang kecil￾kecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah, akan kehilangan makna. Teori ini 

berpandangan bahwa belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup 

ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya. 

Belajar merupakan aktifitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks. 

Proses belajar terjadi antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima dan 

menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di 

dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman-pengalaman 

sebelumnya. Dalam praktek pembelajaran, teori kognitif antara lain tampak dalam 

rumusan-rumusan seperti: “Tahap-tahap perkembangan” yang dikemukakan oleh 

J. Piaget, Advance organizer oleh Ausubel, Pemahaman konsep oleh Bruner, 

Hirarkhi belajar oleh Gagne, Webteaching oleh Norman, dan sebagainya. Berikut 

akan diuraikan lebih rinci beberapa pandangan mereka


Berikut rangkuman lengkap

Download

Baca Juga:

Teori belajar Humanistik

Teori Belajar Konstruktif

Teori Belajar Behaviorisme

Wednesday, February 10, 2021

Teori Belajar : Teori Behavioristik/Behaviorisme

Belajar merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon (Slavin, 2000:143). Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Menurut teori ini dalam belajar yang penting adalah input yang berupa stimulus dan output yang berupa respon. Stimulus adalah apa saja yang diberikan guru kepada pebelajar, sedangkan respon berupa reaksi atau tanggapan pebelajar terhadap stimulus yang diberikan oleh guru tersebut. Proses yang terjadi antara stimulus dan respon tidak penting untuk diperhatikan karena tidak dapat diamati dan tidak dapat diukur. Yang dapat diamati adalah stimulus dan respon, oleh karena itu apa yang diberikan oleh guru (stimulus) dan apa yang diterima oleh pebelajar (respon) harus dapat diamati dan diukur. Teori ini mengutamakan pengukuran, sebab pengukuran merupakan suatu hal penting untuk melihat terjadi atau tidaknya perubahan tingkah laku tersebut.

Berikut adalah Rangkuman lengkap tentan teori Behaviorisme

ANALYZING RELIGIOUS VALUES IN THE FILM “FAITH LIKE POTATOES” BY ANGUS BUCHAN

1.    Film Faith Like Fotatoes adalah film yang diadopsi dari kehidupan nyata seorang petani migrasi dari Scotlandia yang mencari peruntungan dengan berladang Zambia. Dalam perjalanan kehidupannya dia mengalami beberapa hal yang bersifat spritual. berikut dalah sinopsis yang saya copy langsung dari Thesis pribadi

SySynopsis of  the Film “Faith Like Potatoes”

When Angus Buchan, a white Zambian farmer of Scottish origin, emigrates to escape political unrest and worrying land reforms, he looks south for a better life. With nothing more than a trailer in the untamed bush, and help from his Zulu foreman, Simeon Bhengu, the Buchan family struggles to settle in their new homeland. Faced with ever mounting challenges, hardships and personal turmoil, Buchan quickly spirals down into a life consumed by anger, fear and destruction. Finally, his wife convinces him to attend a local church, where the religious testimony of other farmers influence his decision to give his life to Jesus Christ. His outlook takes a complete turnaround, and supernatural occurrences begin to happen when Angus prays in faith. He begins giving his testimony in different towns, and eventually gathers thousands of people in Kings Park Stadium for a time of unified prayer for the nation and for the land. Traditionally a maize and cattle farmer, Buchan decides to plant potatoes. Scientists had warned the farmers not to plant that season unless they had irrigation. Because of the unprecedented drought, planting potatoes would be a massive risk. Believing he is led by the Lord, he plants potatoes in the dry dust. When harvest time comes, there is a crop of giant potatoes.

Jika ada yang membutukan Thesis sebagai bahan literasi, silahkan download  dibawah

https://drive.google.com/file/d/1wS8p_wrx1DW1GpnZIbqvsl3WdqnfFzZE/view?usp=sharing

Tinggalkan komentar!!!!